Snorkeling di pantai Bama, Lalu Mendapatkan Kejutan Menyenangkan Ketika Kami Tiba di Cottage

Di Baluran kami harus menginap di sebuah cottage dipinggiran savana. Sebenarnya sih kami asik-asik aja dan gak gampang parno, tapi berhubung penjaga hutannya bilang kalau di tengah savana tersebut pernah pernah dijadikan tempat untuk reality show Uka-Uka atau apa lah itu namanya yang buat ngerekam hantu, setan, jin, you name it! Sapi dan saya perlahan tapi pasti mulai mengkeret. Sapi niatnya mau tidur bareng sama saya di satu tempat tidur tapi saya ogah. ”Et dah, body gw udah semok gini, lu masih mau nyempil? Udah yang penting kita tidur satu kamar dah. Dan apapun yang terjadi, kalau salah satu di antara kita kudu ke wc, harus bareng-bareng! Gak pake sendiri! Oke?!” Sapi akhirnya menyetujui dan kami tidur di tempat tidur masing-masing.
Tidur pada malam pertama di Baluran bikin hati deg-degan terus, apalagi kalau tiba-tiba mendengar suara-suara aneh di kejauhan sana. Semacam suara lengusan kerbau, tapi mana ada kerbau macam kerbau sawah di tengah hutan gini. Jadi ketika denger suara-suara yang aneh, asosiasi saya palingan itu banteng, kera, atau binatang-binatang lainnya. Gak mau mikirin kalau savana depan cottage kami ini, bekas syuting Uka-uka, hiii!
Paginya, kami pergi berkeliling di sekitar cottage. Masih memakai baju tidur, saya pede saja berpose sambil berloncat-loncat di savana, menikmati pagi hari yang cerah. Kami juga sempat memberi makan burung merak. Sebenernya bukan berniat memberi makan, tapi lebih kepingin memberi umpan supaya burung meraknya nongol. Hahaha! Culas memang! Tapi susah  ngumpanin burung meraknya, doi lebih tertarik di semak-semak, menyembunyikan diri. Sedangkan kami gak punya keberanian untuk menghampiri, karena sudah terbayang yang macam-macam. Takut ada ular di semak-semak sana. …. Lebih takut lagi kalau tiba-tiba ada macan tutul yang lagi molor di semak-semak. Ngeri abis kan…
Selesai ngalur-ngidul di sekitar cottage, kami menyewa sepeda gunung untuk berkeliling Baluran. Niatnya kami akan mengunjungi pantai Bama dengan bersepeda, lalu snorkeling di sana. Salah seorang penjaga hutan memberi kami saran agar membawa sebatang kayu panjang untuk mengusir kera-kera jika mereka mengganggu. Kera-kera ini biasanya berjalan bergerombol, dan suka usil mencuri makanan. Kami juga disarankan untuk tidak mengemil ketika ada kera-kera tersebut. Dan jaga jarak. Kami manggut-manggut mengiyakan, dan segera naik sepeda untuk berkeliling. Baluran memiliki jalur yang biasa digunakan oleh mobil-mobil penjaga hutan dan ojek-ojek yang keluar masuk Taman Nasional ini untuk mengantarkan turis, baik lokal maupun asing. Kami bersepeda mengikuti jalur. Sempat sesekali berhenti untuk menikmati suasana dan berfoto ria. Saya suka sekali dengan pepohonan yang ada di taman ini, sungguh seperti berada di luar Indonesia, yah semacam di Afrika sana, pepohonan yang daunnya jarang. Kalau anda pernah menonton Lion King-nya Disney, pasti paham pohon apa yang saya bicarakan di sini. Hehehe.

Saya sudah mempersiapkan diri dengan memakai baju renang, jadi tinggal nyebur snorkeling aja deh.

Seperti ini kira-kira pohon yang saya jelaskan mirip dengan pepohonan di film kartun Lion King, hihi

Setelah menggenjot sepeda selama kurang lebih 3 km, akhirnya kami tiba di pantai Bama. Pantainya cukup unik, dan terlihat agak “imut’ karena pinggiran pantai Bama ini tidak begitu luas. Saya selalu membandingkan pantai-panti yang ada di Bali yang garis pantainya bisa panjang dan terlihat luas sekali. Yang menakjubkan dari pantai Bama adalah kami bisa melihat gunung yang menjadi sarang macan tutul di Taman Nasional ini. Jadi ketika kami ber-snorkeling, kami bisa mengambil foto laut beserta gunung. Sungguh pemandangan yang ajib! Kami juga menyewa paket snorkeling dari pos Bama ini. Dan di pos inilah kami bertemu dengan mahasiswa kelautan atau mahasiswa yang jurusannya berbau laut, hehehe. Saya lupa nama mereka, karena mereka bergerombol. *maaf yak*. Dan mereka ini, baik dan imut-imut sekali. Mereka sedang sibuk skripsi juga sepertinya, sehingga mereka menginap di pos ini untuk tugas laknat kuliah :P. Bukan bersenang-senang seperti kami ini, yang mengundurkan diri dari pekerjaan lalu pergi backpacking naik bus antar kota antar propinsi.

Sebelum nyebur, pemanasan terlebih dahulu supaya gak keseleo.

Ini pemandangan dari pantai Bama yang imut itu.

Di belakang kami terdapat gunung yang menjadi sarang macan tutul, hii!

Sebelum menyelam, berpose dahulu, lihatlah gaya Sapi dan saya, kenapa bisa berbarengan gini sih caur-nya?! Hahaha. Di sebelah kiri saya adalah adek-adek yang sedang sibuk dengan skripsinya kalau saya gak salah ingat…. Dududu :p

Selesai ber-snorkeling kami sempat makan di kantin yang ada di pantai Bama, lalu bercengkrama dengan adek-adek yang sibuk dengan tugas akhir mereka J

Kami pulang ke cottage sebelum matahari terbenam, karena selain tidak ada cahaya lampu yang menerangi jalur pulang, kami takut dengan kera-kera yang suka bergerombol ketika hari mulai malam. Menyaksikan matahari terbenam di Baluran adalah salah satu pengalaman yang tidak akan saya lupakan di perjalanan backpacking ini. Selain dapat merasakan suasana savana Afrika, pepohonan yang unik, melihat binatang-binatang (terkadang ada ular yang dengan santainya memotong jalan kami…..), perpaduan warna jingga sore hari di padang savana Baluran sungguh magis. Saya bersyukur dapat berkunjung ke Taman Nasional ini…..

Sunset di Baluran, dalam perjalanan menuju cottage

Ini yang membuat perjalanan pulang menegangkan, gerombolan kera-kera yang menyeberang jalur kami, huhuhu. Mau gak mau harus nunggu sampai mereka benar-benar hilang dari pandangan.

Setibanya di cottage, kami dikejutkan dengan dua scientist yang menginap persis di sebelah kamar kami. OMG! Kami senang bukan kepalang! Akhirnya ada temen satu cottage selain Sapi haha! Dua scientist ini merupakan sepasang suami istri dari USA. Mereka ke Indonesia selain untuk jalan-jalan, tentunya untuk memperkaya knowledge mereka mengenai hewan-hewan yang ada di Baluran. Kalau saya tidak salah ingat, sang suami menekuni bidang biologi yang berhubungan dengan spesies burung tertentu. Dan sang istri saya lupa menekuni bidang apa, hehehe *modus, yang diingat cuma perkataan lawan jenisnya aja*
Sayangnya, mereka datang ketika hari terakhir kami. Jadi kami tidak terlalu banyak menghabiskan waktu bersama mereka. Hanya sempat bercengkrama sebentar dan mendengarkan celotehan sang suami yang bawel dan konyol. Serta dari mereka saya tahu ada pantai tersembunyi yang agak jauh dari cottage, yaitu Balanan. Mereka memang tidak mampir ke pantai tersebut, tapi mereka hampir sampai ke pantainya. Aje gileee, mereka kan jalan kaki, bisa sampai Balanan! Hahaha, dasar bule yang emang kuat jalan kaki.  Kami akhirnya berfoto bareng bersama dua scientist tersebut, lalu pergi melanglang buana ke kota Malang….

Hari terakhir di Baluran, sempat bercengkrama dengan dua scientist ini..