Situbondo, Taman Nasional Baluran a.k.a Africa van Java

Gilaaaaaaaaaak!! Udah lama banget saya gak nulis blog. Niatnya blog tentang backpacking di Timur Indonesia ini, bakalan selesai setidaknya tahun 2013 yang lalu. Tapi ternyata molor sampai sekarang yang sudah bulan Januari 2015. Saatnya memulai menulis kembali pengalaman yang belum diceritakan lewat blog ini, selama saya di Jawa Timur.... Here we go...
Setelah berseru-seruan di Bali, kami akhirnya berangkat ke Jawa Timur.  Ngeteng naik mobil semacam bis, tapi bukan. Hahaha. Apa ya namanya? Pokoknya yang bentuknya seperti angkot Depok-Bogor deh. Setelah tawar-menawar, akhirnya kami cabcus ke Gilimanuk. Sesampainya di sana kami langsung naik ke kapal Ferry. Itu juga nyaris berantem sama tukang asongan yang reseh, memaksa kami untuk membeli barang-barangnya.  Di dalam kapal, suasana anteng. Tidak begitu banyak orang. Kami langsung mencari tempat duduk untuk beristirahat. Sambil melihat-lihat suasana, ternyata banyak juga bule-bule yang lagi ngaso. Sepasang kekasih bule yang membawa backpack kelebihan beban, lalu sepasang lagi sedang tidur di tempat duduk. Dalam hati meringis. Seru juga ya, punya pasangan buat jalan-jalan. Haduh, giliran gw kapan sihhh??! Huuhuu.


Pemandangan di dalam kapal yang anteng-anteng saja


Selama di dalam kapal, saya berusaha men-charge tenaga (tidur) untuk perjalanan selanjutnya, menuju Africa van Java, yaitu Taman Nasional Baluran. Sesampainya di Ketapang, kami naik bus menuju Situbondo atau setidaknya ke arah Baluran. Kami duduk di jok paling belakang, bersama bapak-bapak yang logat Jawanya kental. Entah kenapa kalau saya mendengar bahasa Jawa asli pasti selalu cengingisan. Apalagi kalau mendengar orang Tegal berbicara. Bisa-bisa saya ketawa cekikikan, saking lucunya aksen mereka. Ini bukannya buat bahan banyolan. Tapi saya merasa bahagia kalau mendengar percakapan dalam bahasa-bahasa tersebut :D. Padahal gak ngerti apa yang sedang dibahas. Hehehe.
Salah satu bapak yang duduk di samping saya, akhirnya bertanya tentang tujuan kami. Lalu kami menjawab bahwa kami akan menginap di Baluran. Dan sang bapak terkesima. Doi bilang itu hutannya serem dan angker. Dalam hati saya ngedumel. Aduh pak bagus amat ya komennya, mana si Sapi penakut, saya juga sih, tapi kalo duo cewe-cewe sama-sama agak penakut, gimana dunk nasib kami ntar di Baluran? Selain itu sang bapak juga bercerita mengenai hutan lain di daerah Jawa Timur, yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Yang menurut orang-orang angker sekali. Sang bapak bilang : “Iya, jadi dulu ada turis yang jalan-jalan di sana, ilang selama beberapa hari, tapi sehabis itu, turisnya tiba-tiba nongol lagi keluar dari hutan….”  Entahlah saya harus tertawa atau bengong, ini mana ada seram-seramnya. Bisa jadi kan itu turisnya bikin tenda di hutan. Lalu karena sudah bosan atau persediaan makanan sudah habis akhirnya mereka keluar dari hutan selama beberapa hari? Sapi dan saya hanya bisik-bisik. “Cuy ini mana ada seramnya coba?” bisik Sapi. “Iya, gw juga bingung, di mana seramnya yak? Haha. Ajaib banget ini bapaknya” jawab saya sambil berbisik.
“Baluran, Baluran. Ada yang turun di Baluran?” tanya kenek ke para penumpang. “Bang, kami bangggg”, teriak Sapi dan saya. Kayanya pas gw naik ini bus, sudah bilang deh, kalau bakalan turun di Baluran. Ini kenapa keneknya pake teriak-teriak nanya lagi ke penumpang? Oh biar yakin kali ya keneknya. Bisik saya dalam hati. Kami pun turun dari bus sambil membawa backpack menuju pintu masuk Taman Nasional Baluran. Dari pintu gerbang menuju kantor atau loket gak begitu jauh. Namun setelah kami mengobrol dengan mas penjaga hutan Baluran, kami harus naik mobil atau ojek untuk menuju ke dalam hutan, untuk menginap di sana. Mas penjaga hutan Baluran ini, sebut saja namanya mas Bambang, memberitahu kami bahwa untuk menginap di Baluran, harus reservasi terlebih dahulu. Kami yang baru datang sambal menyeka keringat, langsung terpaku. “Lah mas, kalau orangnya udah datang duluan en gak reservasi gimana? Seperti kami ini?” tanya Sapi lemas. “Yah gimana ya, ini mbak-mbaknya memang dari mana asalnya?” mas Bambang malah tanya balik. “Kami backpackingan mas, ini abis dari Bali. Dan sebelumnya kami dari Lombok en Gili Trawangan. Kalau asal kami mah dari Jakarta kali mas,” celoteh kami.  “Cuma berdua doang jalan-jalanya?” tanya mas Bambang lagi. “Iyaaaaaaaa! Sama siapa lagi emangnya? Kayanya dari tadi cuma kami berdua doang yang ada di sini deh?” jawab kami setengah kesal. Abis masnya nanya melulu. Sedangkan nasib kami belum jelas. Bisa menginap atau tidak.  

                       
Pohon unik di Baluran

Setelah mengobrol lama, mas Bambang setuju kami menginap. Kebetulan ada kamar yang kosong. Ada dua malahan. Kami deal untuk menginap tiga hari dua malam. Berhubung kami sudah mendengar keangkeran hutan Baluran dari orang lain, akhirnya Sapi bertanya : “Mas, itu kamarnya seperti apa ya? Di rumah or gimana?” tanya Sapi. Ngeri aja kalo nginep di tengah hutan cuma berdua. “Jadi mbaknya nanti nginep di sejenis cottage. Satu cottage terdapat dua kamar. Nah, satu kamar buat mbak berdua. Satunya lagi kosong. Satu kamar ada dua tempat tidur kok,” jawab mas Bambang kalem. “Kenapa kalian ngeri ya, cuma berdua doang?” tanya mas Bambang sambil cengegesan. “Hmm gak juga sih, ada turis lain gak mas, selain kita?” tanya saya penasaran. “Ada sih, segerombolan mahasiswa dari Jakarta juga. Tapi rame-rame, gak seperti mbak-mbak ini, yang berdua doang,” jawab mas Bambang. Mas Bambang akhirnya menelpon tukang ojek langganan untuk mengantar kami sampai di tengah hutan. “Oh iya, kalo kalian mau, nanti malam ada makan-makan bersama di pantai Bama. Dalam rangka syukuran. Jadi ada acara bakar ikan. Kalian mau ikut gak? Daripada bengong di cottage, kesambet ntar, hehehe. Ntar saya jemput naik mobil bak terbuka.” “Wah boleh banget mas, kami gak ada temen juga soalnya. Kira-kira dijemput jam berapa?” tanya Sapi girang. “Jam 7an deh. Biar gak kemaleman juga buat kalian. Oke?” jelas mas Bambang. “Okeeee!” jawab kami serempak. Tukang ojek pun tiba. Dan kami pun berangkat ke tengah hutan Baluran dengan berojek ria. Yuhuuuu!! Hati riang gembira! *Sebelum kami akhirnya tahu, kalau isi hutan Baluran juga ternyata bikin bulu kuduk merinding* Oh no!

           

Peta hutan savana Baluran

Hmm, kalau ini apa ya? Tengkorak dari sapi-sapi yang dimakan macan tutul mungkin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini