Di mana ada kami di situ ada Joni

       Perjalanan kami, dua bocah dodol berlanjut ke Gili Trawangan. Awalnya kami ingin langsung pergi ke Bali, namun om Nanu menganjurkan kami agar balik ke Mataram dulu, menginap sehari lagi, baru lanjut ke Bali. Kami berdua sepakat untuk meninggalkan setengah barang-barang kami di rumah om Nanu, sehingga kami hanya membawa perbekalan untuk ke Gili Trawangan saja. Lebih asiknya lagi, kami diantar oleh om Nanu ke pelabuhan Bangsal, sehingga tidak perlu keluar ongkos ,hihi.
        Suasana pelabuhan Bangsal cukup ramai. Segala tukang jualan ada di sana, dari yang jualan kacamata, tiket perahu, abang-abang yang numpang nongkrong untuk ngeceng sambil ngeliatin bule-bule berlalu lalang. Sambil menunggu antrian perahu, kami diingatkan oleh si om, “Kalian jangan lupa bawa  sunblock ya. Kacamata item juga udah bawa kan?” tanya om Nanu. Kami kontan berkoor ria, “Udah dong ooooom, masa ke pantai gak bawa sunblock. Udah ada di tas masing-masing kok om,tenang aja.” jawab kami terkekeh. “Untuk pemegang tiket berwarna putih harap segera ke perahu karena akan segera berangkat ke Gili Trawangan” gelegar suara dari speaker yang berada di loket penjualan. Kami segera pamit, lalu menaiki perahu. Dari Bangsal menuju Gili Trawangan memakan waktu kurang lebih 15 menit. Laut biru yang bergelombang mengingatkan saya pada nutrijel, sejenis agar-agar yang terdiri dari berbagai rasa. Memang di otak saya segala sesuatu dapat diasosiasikan dengan makanan. “Pi, liat lautnya deh,kayak agar-agar ya?” tanya saya. “Di otak lo mah isinya makanan doaaang, kalo gak tidur. Lo bangun tidur aja, langsung buka cemilan. Gebleg.” sahut Sapi sambil mesem. Lalu kami tiba di Gili Trawangan. Yihaaa! Pulau kecil yang ramai dengan bar-bar, restoran, serta berbagai tipe bungalow yang unik-unik, dan bebas polusi. Di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor, yang ada hanya sepeda dan cidomo sebagai alat transportasi. Ongkos sewa sepeda selama seharian berkisar 40 ribu hingga 50 ribu sedangkan cidomo bisa lebih mahal, tergantung deal, tawar menawar. 

                                                            Laut biru sebiru pepsi blue


         Kami segera mencari pak Marjan, kenalan om Nanu di pulau nan indah ini. Patokan untuk mencari pak Marjan adalah setelah turun di pelabuhan langsung ambil langkah belok kanan. Cari penangkaran penyu. Begitu menurut info yang saya dapat. Sungguh absurd. Berhubung kami keberatan bawaan, dan celana jeans saya basah karena kecebur ketika turun dari perahu, akhirnya kami memutuskan untuk langsung masuk ke dalam gang-gang kecil mencari losmen murmer. Di tengah-tengah perjalanan, sambil mengobrol dengan Sapi, saya merasa ada yang mengikuti kami. Ternyata benar, seorang pria dengan postur badan kurus,berambut keriting, dan berkulit coklat mengikuti dan menguping pembicaraan kami. Langsung saja dia mencerocos, “Mbak, mau cari losmen murah ya? Ikut saya aja, dijamin murah. Mbak-mbak ini asalnya dari mana? Jawa ya? Cuma berdua doang?” cerocos makhluk ajaib yang tiba-tiba nongol ini. “Perkenalkan nama saya Joni. Joni Trawangan. Panggil aja Joni.” sambil berjabat tangan. Berasa di film James Bond 007. Sapi dan saya saling lirik. Kok ini orang tiba-tiba nongol, dan menawarkan losmen murah.  Antara ragu-ragu dan penasaran, kami berdua sepakat untuk ikut mengikuti Joni Trawangan. Joni bercerita kalo dia kenal hampir semua orang di Trawangan. Bahkan dia bisa berbagai macam bahasa. Dan memutuskan menjadi guide dadakan seperti yang dia tawarkan pada kami (padahal kami gak ngeh kalo dia guide, kami perkirakan Joni adalah orang freak yang sok deket sok asik). Kami tiba di sebuah losmen, yang terdapat patung kecil dikelilingi dengan botol bir kosong. Melihat losmen yang bersih dengan harga murah, kami segera menempati losmen tersebut.  “Oke Jon, kita berdua nempatin losmen ini aja, thanks ya” saya berkata pada Joni. Kirain Joni langsung pergi begitu saya bilang terima kasih, tapi ternyata dia malah mengajak ngobrol lagi. Ditambah Sapi yang meladeni setiap pembicaraan. Karena saya dongkol, akhirnya saya mencoba mengusir Joni dengan halus, “Jon, kita mau istirahat dulu neh, capek berat.” kata saya cuek. “Oooh, oke kalo gitu, nanti kalo kalian mau sewa sepeda sama saya aja ya, bisa lebih murah pastinya” sahut Joni dengan logat Lombok yang udah kecampur bahasa asing. Kami bernapas lega, akhirnya itu orang freak pergi juga. Saatnya ngaso sebentar, keluarin barang bawaan dari tas, lalu tidur-tiduran.


                                                   Tempat pemujaan dengan botol bir,hehe

                                                            Losmen tempat kami menginap

     Ketika saya sedang mengeluarkan barang bawaan dari tas, saya tersadar bahwa ada barang bawaan penting yang gak terbawa. Sunblock. Astaga, kok bisa-bisanya gak bawa sunblock, padahal saya yakin sekali sudah memasukannya ke dalam tas. Setelah mengingat kembali ternyata saya sempat mengobrak-abrik tas saya ketika di rumah om Nanu. Karena tidak jadi langsung pergi ke Bali, otomatis bawaan harus dikurangi. Yah wasalam, sunblocknya ada di kamar berarti…. Melihat tampang panik saya, Sapi tiba-tiba bertanya, “Kenapa lo Mal? Cemilan gak lo bawa emangnya?” “Gaaak Piii, ini bukan cemilan, tapi sunblock. Gw gak bawa sunblock. Ya ampun, bego amat dah gw,” keluh saya sambil ngusap-ngusap kepala. “Lah, kok bisa? Jangan bilang pas ngobrak-ngabrik barang bawaan di rumah om Nanu tadi? Itu sunblock gak kebawa ama lo? Hadooh gimana ini, padahal itu yang penting. Bentar, tenang, kayanya gw bawa sunblock deh di tas” ujar Sapi sambil mencari sunblocknya. Dan ternyata dia juga gak bawa. Kami berdua saling menatap, dan langsung tertawa. “Bahahaha, gobloooggg, kita berdua gak bawa sunblock, padahal si om Nanu udah bilang tadi di pelabuhan, huahahahha. Dodol amat siihh. Mana udah pede teriak-teriak bawa sunblock. Bahaha. Mampus dah, makin geseng ini kulit kita ntaaarr,” kata saya sambil ngakak. Sapi juga ngakak, “Odooong bangeeet. Terus pake apaan buat ngelindungin kulit? Mana panasnya sadis banget. Gw ogah beli sunblock di sini. Mahal. Mendingan gw beli oleh-oleh dah.” Tibalah saatnya bagi kami untuk memakai apa yang ada untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Untungnya Sapi masih membawa pelembab untuk badan. Jadi kami bakal memakai itu selama dua hari di Trawangan. Meskipun kami tahu, pelembab tersebut gak bakal melindungi kulit kami dari teriknya matahari yang naujubile dahsyat dan dapat menggelapkan kulit segelap-gelapnya. Kalo bule memiliki kulit gelap mereka pasti bangga. Karena dianggap eksotis. Lah kami, boro-boro eksotis. Disangka anak kampung iya!
     Hari beranjak siang, pukul 11 kami lebih memilih keluar untuk melihat-lihat situasi di pinggir pantai. Sekalian mencari tempat penyewaan sepeda. Sapi bilang ke saya agar menawar sepeda dengan harga 40 ribu kalo si abangnya nawarin sepeda dengan harga 50 ribu. Tapi entah kenapa ketika kami sampai ke tempat penyewaan sepeda, saya menawar dengan harga 45 ribu. Otomatis Sapi mencak-mencak, “Maaall, gw udah bilang tawarnya 40 ribu aja. Lah lo malah tawar harga  45 ribu. Odong, kan kita bisa hemat.” “Oh iya, abis gak tegak Pi ama abangnya, sekalian sedekah lah gitu,” jawab saya sekenanya. Padahal diotak saya juga sudah tercantum harga awalnya yang 40 ribu tapi gak tau kenapa yang keluar justru lebih mahal 5 ribu, hahaha. Bodoh.
     Kami berkeliling dengan menggenjot sepeda. Medan yang berpasir membuat kami terseok-seok, sehingga kami terkadang harus turun untuk mendorong sepeda. Teriknya sinar matahari membuat kami harus berteduh di bawah pohon untuk beristirahat. Sambil melihat pantai biru, sebiru pepsi blue. Senangnya hati kami. Dan tiba-tiba, kesenangan kami terusik karena Joni muncul entah dari mana, menyapa kami,“Haloo, wah kalian udah ada sepeda ya? Nyewa di mana? Kenapa gak sama saya aja kan bisa lebih murah.” Saya langsung keki. Lah emang situ siapa. Suka-suka dong mau nyewa sepeda sama siapa kek. Lebih parahnya lagi, Joni bergabung dengan kami berdua tanpa diundang. Berhubung saya males bicara dengan dia, saya mengobrol dengan Sapi menggunakan bahasa Belanda, “Pi, wat denk je over het kost van onze bungalow? Erg goedkoper ja? Ik denk dat we kunnen bezuinigen voor onze trip naar Bali, bla bla bla” Adegan setelah saya berbicara Belanda lebih membuat saya shock, “ Goedemorgen, waar kom je vandaan? Will je hier logeren? Het is niet duur,” cerocos Joni dalam bahasa Belanda yang lumayan lancar. Whaaattt?! Doi bisa bahasa Belanda juga. Untung gak ngomongin dia. Sapi dan saya nyengir gugup. “Hmmm, Jon, kayanya kita pengen keliling-keliling Trawangan berdua aja deh. Kita emang pengen explore sendiri. Jadi biar lebih afdol gitu,” ujar Sapi. “Oh,ya udah, saya di sini aja kalo gitu, kalian selamat menikmati pemandangan ya,” ujar Joni dengan tampang melas. Sebenarnya kasihan juga. Tapi ngengges banget itu orang kalo sampe ikutan dengan kami berdua keliling pulau.

                                                                     Amboy, indahnyo!

                                                          Pinggiran pantai Gili Trawangan

                                          View yang bagus bukan? Tapi panasnya laknat! haha!

    Kami melanjutkan perjalanan mengitari pulau, sampai akhirnya kami menemukan spot asik untuk duduk dan istirahat sebentar. Air laut sedang surut. Banyak orang yang sedang mencari kerang atau binatang laut yang bersembunyi di karang-karang. Kami bertanya pada bapak yang sedang duduk memandang laut lepas. “Pak, itu orang-orang pada nyari apaan ya? Kerang apa gimana?” tanya saya penasaran. “Oh itu, mereka lagi pada nyari squidward,” jawab si bapak. Kami berdua langsung melongo. “Squidward? Kok kaya di spongebob?” tanya Sapi heran. “Hahahaha, oh iya, maksud saya gurita. Haduh saya kebanyakan nonton spongebob. Gara-gara anak saya nih,” kata si bapak. Kontan kami berdua langsung tertawa. Oalah, ternyata maksudnya gurita. Lucu juga si bapak. “Ngomong-ngomong, bapak tinggal di sini ya pak?” tanya saya. “Iya, tuh saya tinggal di menara situ. Mercu suar. Saya jaga mercu suar,” jawab si bapak. “Waah, bapak penjaga mercu suar toh. Terus bapak gak jaga sekarang? Apalagi off?” tanya Sapi. “Saya lagi ngaso-ngaso aja di sini, nanti balik ke atas lagi,” jawab si bapak cuek. “Lah berarti di atas gak ada orang dong, ntar kalo ada kapal yang tersesat or nabrak gimana pak?” tanya saya. “Yaaaah, mau gimana lagi, nasib. Lagian jam segini biasanya jarang ada kapal yang lewat,” sahut si bapak.  Astaga naga. Ternyata si bapak cuek banget apa gimana, kok kerjaan ditinggal seenak udel gini. Tapi kalo saya jadi dia, mungkin saya juga akan meninggalkan pekerjaan sebentar untuk duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan dan angin yang berhembus pelan……

                                    Bapak penjaga mercusuar yang ketularan virus Spongebob

                         Bocah-bocah sedang mencari ikan kecil di sekitar pantai, mumpung air surut

                                                 Rumah adat sasak yang dijadikan bungalow

    Lelah bersepeda, kami balik ke losmen untuk tidur sebentar lalu pergi jalan-jalan sore di pinggir pantai. Saya membawa jurnal lalu menulisinya sambil duduk di atas pasir sedangkan Sapi berenang kecipak kecipuk di pantai. Tak disangka, dalam suasana santai seperti ini, Joni muncul kembali. Sambil membawa snack, dia menyapa saya. “Wah lagi pada santai di sini, enak ya suasananya. Bla bla bla.” Dari kejauhan Sapi melihat kami . Tampaknya Sapi sama shocknya dengan saya. Gila, di mana pun kami berada di situ pasti ada Joni. Saya segera menghampiri Sapi. “Pi ayo kita jalan lagi, udah mulai sore nih. Katanya lo mau liat matahari terbenam di sisi lain pulau?” teriak saya tanpa menghiraukan Joni. “Oke, sip, ayoo” kata Sapi sambil berlari-lari kecil menuju saya. “Eh Jon, kita pergi duluan ya, mau keliling lagi nih,” ujar saya tanpa basa basi. Dari kejauhan Joni tampak tersenyum kecut. Sorry ya Jon, bukannya bermaksud jahat, tapi kami pengen menikmati Gili Trawangan tanpa ada gangguan orang-orang freak. Kabuuuurrrr!
                

Komentar

  1. Malce... Pas gw baca gw berasa lagi di Lombok nich aroma laut yaaa aroma SpongeBobnya kecium :)

    BalasHapus
  2. bahahaha,iya jef, jadi pengen makan gurita goreng guweeee,bahahaha.
    Lo gimana kerjaan? udah jadi bos belom?kekeke

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Situbondo, Taman Nasional Baluran a.k.a Africa van Java